Saturday, March 21, 2015

Manusia, Sumber Daya Alam , dan Lingkungan

 Manusia, Sumber Daya Alam  , dan Lingkungan



Sumberdaya alam (SDA) merupakan sarana pemenuhan kebutuhan manusia, dari mulai kebutuhan dasar (sandang, pangan , papan) , kebutuhan sekunder semisal energi , dan kebutuhan tersier seperti logam mulia/bahan tambang mineral. Singkatnya SDA merupakan sumber keberlangsungan kehidupan umat manusia dimuka bumi ini. Pemanfaatan SDA yang tidak terkendali akan mengancam keberlangsungan kehidupan manusia.


Lingkungan merupakan "The Source" dari SDA, tanpa adanya akses yang diberikan oleh lingkungan kepada manusia maka manusia tidak akan dapat memenuhi kebutuhannya tersebut. Interaksi manusia dengan lingkungan menentukan sejauh mana kemudahan akses maupun keberlangsungan pemenuhan kebutuhan manusia tersebut dapat terjamin. Sebagai contoh interaksi yang buruk dari manusia dengan alam/lingkungan seperti penebangan hutan yang berlebihan dan pembuangan limbah yang tidak bertanggung jawab akan menyebabkan manusia mendapatkan hambatan untuk melakukan aktivitas hariannya termasuk pemenuhan kebutuhannya.

Dengan rusaknya lingkungan akibat penebangan pohon yang serampangan akan merusak ekosistem alam yang menyebakan hilangnya keseimbangan alam, karena seperti kita ketahui dalam suatu sistem berubahnya satu variabel tentu akan menimbulkan efek domino, dalam hal ini akan merubah pola hidup makhluk yang ada disekitar, seperti berkurangnya jumlah makanan yang dapat diperoleh spesies tertentu yang akan berimbas menurunnya jumlah populasi kemudian berkurangnya populasi spesies tersebut akan menyebabkan spesies lain kekurangan sumber makanan dan begitu seterusnya.

Hasilnya lambat laut kehidupan manusia pun akan terganggu secara langsung yaitu dengan berkurangnya atau bahkan dapat menyebabkan hilangnya SDA untuk memenuhi kebutuhan mereka. Maka dari itu kita sebagai manusia harus melakukan langkah-langkah yang tepat baik dalam pemanfaatan maupun pengelolaan SDA dalam berbagai aktivitas termasuk aktivitas pembangunan pariwisata , agar SDA dapat terjaga keberlanjutannya bagi generasi selanjutnya.




Gambar limbah pengunjung DTW (destinasi wisata)
sumber : dokumentasi pribadi.

No comments:

Post a Comment