Wednesday, April 1, 2015

UGM Press Ilmu untuk Rakyat

Usai jam perkuliahan hari ini berhubung hari ini saya memiliki banyak waktu luang, saya memutuskan untuk mencoba fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh kampus (UGM). Kebetulan saya sedang membutuhkan beberapa buku untuk keperluan studi, akhirnya terlintas ide untuk mencoba membeli buku di “toko buku” milik UGM yaitu Gama press. Berikut ini reviewnya.

Pintu masuk Gama Press, Sumber : Dokumentasi Pribadi



A. Latar Belakang
Gama Press didirikan pada tanggal 30 juni 1971 yang merupakan inisiatif dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM sebagai salah satu aktualisasi dari inovasi universitas dalam meningkatkan kualitas dan eksistensinya untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Sejak didirikannya tahun 1971 hingga sekarang UGM Press diharapkan berkembang sebagai unit penerbitan dan percetakan berkelas dunia. Semenjak berdirinya UGM Press hingga hari ini telah menerbitkan sekitar 1.900-an judul buku. Dengan keunggulan sebagai berikut :
  • Buku  yang diterbitkan oleh badan penerbit universitas memiliki standar kualitas naskah yang baik karena melalui proses seleksi.
  • Ukuran buku mengikuti standar yang direkomendasikan oleh DIKTI, dan UNESCO, dengan kualitas kertas yang baik.
  • Desain cover buku yang menarik sesuai keinginan dan ditangani desainer yang berkompeten di bidangnya.
  • Tata letak buku menggunakan sistem In Design sebagai standar mutu penerbitan buku internasional
  • Pemasaran melalui sistem online dan offline.
  • Royalti diberikan kepada penulis dengan sistem peghitungan yang terpercaya.

B. Fasilitas dan layanan

2.1. Layanan Offline
Untuk pembelian buku secara langsung Gama Press menyediakan tempat yang cukup nyaman bagi pengunjung, yang berlokasi di Jl. Grafika No 1, Kampus UGM, Yogyakarta. Disediakan lahan parkir yang cukup luas bagi pengunjung, tata letak ruang belanjanya pun sangat akomodatif memudahkan pembeli untuk mencari buku yang dibutuhkan.
Area Parkir, sumber : Dokumentasi Pribadi

2.1. Layanan Online
Sedangkan untuk melayani pembelian online  Gama Press memiliki website pada URL www.gmup.ugm.ac.id, whatsapp , BBM , twitter , instagram & facebook (Komplit abiss). Selain itu Gama Press juga mengembangakan media pemasaran di aplikasi smartphone/tablet yaitu Qbaca, melalui aplikasi ini kita dapat membeli ebook-ebook berkualitas terbitan Gama Press secara online, aplikasi ini dapat didownload di appstore seperti Google play dan i Tunes , Qbaca juga menyediakan buku-buku yang dapat didownload secara gratis (asik banget).

2.1.2 E-book dan ePustaka UGM Press
ePustaka adalah perpusatakaan digital yang berisi beberapa koleksi buku terbitan UGM Press yang dipersembahkan secara GRATIS kepada pembaca di masa promosi dengan harga membership yang relatif murah. Pembaca dapat mengakses ePustaka ini melalui aplikasi MOCO! Keuntungan membership ePustaka UGM Press adalah :
  • Jangka waktu membership 1 tahun
  • Bisa meminjam sampai dengan 5 buku
  • Lama peminjaman buku 5 hari

Member card, sumber : dokumentasi pribadi
C. Serunya Belanja di Gama Press
Ternyata ketika saya  belanja buku diGama Press ada hal menarik yang saya peroleh, Gama Press memberikan Membeship Card Moko dan catalog buku secara gratis! (sekali lagi bro gratis!) , disamping itu karena ini UGM, pastinya semua hal harus edukatif termasuk mendukung kampanye lingkungan dengan menggunakan kantong pembelian yang ramah lingkungan sesua dengan konsep reuse, reduce dan recycle. Sekian review kali ini semoga bermanfaat.


Kantong belanja, sumber : dokumentasi pribadi
Katalog , sumber : dokumentasi pribadi






No comments:

Post a Comment