Sunday, April 26, 2015

RAGAM KEBUDAYAAN SUNDA (KUJANG)

Beberapa variasi bentuk Kujang , sumber : Kujang , bedog dan topeng 2008.


Senjata tajam (sajam)  merupakan alat yang tidak dapat lepas dalam perkembangan sejarah peradaban manusia  baik itu sajam berupa bilah panjang maupun pendek , benda ini memiliki banyak fungsi dan makna dalam kehidupan manusia baik sebagai perkakas harian , atribut sosial maupun alat berperang / mempertahankan diri.

Ada banyak ragam sajam yang tercipta diberbagai penjuru dunia yang umumnya dikenal dengan sebutan pedang bagi sajam berbilah panjang, golok bagi sajam berbilah sedang dan pisau bagi sajam berbilah pendek. Dalam berbagai kebudayaan kuno didunia sajam jenis pisau memiliki tempat yang sakral baik itu sebagai alat praktis untuk membela diri maupun benda yang memiliki nilai simbolik dalam sosial kemasyarakatan dan dipercayai memiliki tuah.

Pada beberapa kebudayaan kepemilikan pisau menandakan kematangan / kedewasaan seorang laki-laki, selain itu pisau juga dapat dijadikan simbol status sosial sesorang didalam masyarakat dengan ragam ornamen hias dan bahan tempa yang beragam. Indonesia sebagai bangsa yang memiliki perjalanan sejarah yang panjang menyimpan kekayaan ragam “pisau” yang luar biasa tidak saja dari segi estetika namun dari segi fungsi dan nilai filosofis yang terkandung didalamnya.

Senjata tajam tradisional milik suku sunda di provinsi jawa barat dikenal dengan nama Kujang. Dalam buku kujang , bedog dan topeng disebutkan bahwa kujang adalah senjata tajam seperti keris atau parang. Bentuknya unik, berupa tonjolan pada bagian pangkalnya dan lengkungan pada bagian ujungnya. Bagi masyarakat Sunda , kujang lebih populer jika dibandingkan keris. Ada beragam versi mengenai asal / arti nama kujang salah satunya konon kujang memiliki arti kukuh dina jangji (setia pada janji).

Kujang memiliki beberapa fungsi diantaranya sebagai perkakas berhuma, senjata , pusaka dan penanda klasifikasi sosial dalam masyarakat. Alat ini memiliki beragam bentuk yang menarik secara visual beserta variasi-variasi struktur komponen yang sangat artistik dan menarik untuk dicermati yang tidak terlihat pada senjata-senjata lainnya di Nusantara.

Bersambung.


No comments:

Post a Comment