Friday, September 20, 2013

KEBUDAYAAN SUNDA

KEBUDAYAAN SUNDA




Kebudayaan sunda termasuk salah satu kebudayaan tertua. Kebudayaan sunda yang ideal kemudian sering dikaitkan sebagai kebudayaan raja – raja sunda Kebudayaan sunda juga merupakan salah satu kebudayaan yang menjadi sumber kekayaan bagi bangsa Indonesia yang dalam perkembangannya perlu dilestarikan.

Kebudayaan sunda memiliki ciri khas tertentu yang membedakannya dari kebudayaan – kebudayaan lain. Secara umum masyarakat Jawa Barat atau Tatar Sunda , sering dikenal dengan masyarakat religius. Budaya sunda dikenal dengan budaya yang sangat menjujung tinggi sopan santun. Ada beberapa watak dalam budaya sunda tentang satu jalan menuju keutamaan hidup. Etos dan watak sunda itu adalah cageur, bageur, singer tur pinter.

  Pada umumnya karakter masyarakat sunda, ramah tamah (someah), murah senyum, lemah lembut, dan sangat menghormati orangtua. Kecenderungan ini tampak sebagaimana dalam pameo “ silih asih, silih asah dan silih asuh, saling mengasihi, saling mempertajam diri dan saling melindungi. Itulah cermin budaya dan kultur masyarakat sunda. Di dalam bahasa Sunda diajarkan bagaimana menggunakan bahasa halus untuk berbicara dengan orang yang lebih tua.

Selain itu sunda juga memiliki sejumlah budaya lain yang khas seperti kesopanan, rendah hati terhadap sesama, kepada yang lebih tua dan menyayangi kepada yang lebih kecil. Pada kebudayaan sunda keseimbangan magis di pertahankan dengan cara melakukan upacara-upacara adat sedangkan keseimbangan sosial masyarakat sunda melakukan gotong royong untuk mempertahankannya (id.wikipedia ).

    Kebudayaan sunda memiliki banyak jenis kesenian, namun dalam perjalanannya telah banyak yang punah dan tidak dikenal lagi oleh  masyarakat nya. Bahkan kesenian yang masih dipertunjukan sekalipun masih langka dipagelarkan, dan ditonton / disaksikan oleh masyarakatnya sendiri

No comments:

Post a Comment