Friday, September 20, 2013

Session 2 Insight : Sistem Pernapasan Khusus pada Serangga

Sistem Pernapasan Khusus pada Serangga

 Lalat
sumber : Hewanpedia.com
 
 

    Lalat terbang pada kecepatan yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Capung dapat mengembara dengan kecepatan 25 mil per jam ( 40 km/jam ). Bahkan, serangga yang lebih kecil dapat mencapai kecepatan hingga 31 mil per jam (50 km/jam). Kecepatan ini sebanding dengan manusia yang melakukan perjalanan dengan kecepatan ribuan mil per jam.

    Manusia hanya dapat mencapai kecepatan ini bila menggunakan pesawat jet. Padahal jika kita mengingat ukuran pesawat jet jika dibandingkan dengan lalat, jelas bahwa lalat-lalat ini sebenarnya terbang lebih cepat daripada pesawat terbang.
  
    Pesawat jet menggunakan bahan bakar khusus untuk menggerakan mesin berkecepatan tingginya. Daya terbang lalat pun memerlukan tingkat tenaga yang tinggi. Juga di butuhkan sejumlah besar oksigen untuk membakar energi tersebut. Kebutuhan oksigen dalam jumlah besar ini dipenuhi oleh sistem pernapasan yang luar biasa yang terletak di dalam tubuh lalat dan serangga lainnya. (Harun Yahya, Keajaiban Desain Alam, 2002)

    “Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih kecil dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, mereka tahu bahwa itu kebeneran dari Tuhan. Tetapi mereka yang kafir berkata, “Apa maksud Allah dengan perumpamaan ini?” Dengan (perumpamaan) itu banyak orang yang dibiarkan-Nya sesat , dan dengan itu banyak (pula) orang yang diberi-Nya petunjuk. Tetapi tidak ada yang Dia sesatkan dengan (perumpamaan) itu selain orang-orang fasik.” (Qs Al-Baqarah, 2:26)

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment