Friday, September 20, 2013

Session 2 Insight : Belajar Teliti kepada Lebah

Belajar Teliti kepada Lebah

Gambar Orchard mason bee
Sumber : Wikipedia.org 

   
    Lebah pekerja (mason bee) adalah makhluk hidup yang menarik perhatian karena ketelitian yang ditunjukkannya dalam membangun sarang. Saat lebah betina yang ingin membangun sarang menemukan tempat , dia membersihkannya. Untuk membangun sarang, lebah harus menemukan sumber lumpur lebih dulu. Jika tidak dapat menemukan lumpur, lebah mencari tanah yang bertekstur halus dan mengubahnya menjadi adonan lembut dengan cara mencampurkan tanah itu dengan air liurnya

      Lebah pekerja memulai pembangunan dengan meraup sepotong lumpur dengan rahangnya, kemudian membangun sarangnya dengan lumpur itu, dia tidak segera memulai pekerjaan dengan acak-acakan dan serampangan. Kemudian, lebah akan menyusun lumpur dalam bentuk bulan sabit, dan setelah lubang ini selesai dibangun, lebah mengumpulkan makanan untuk disimpan Lebah menempatkan serbuk sari di belakang sarang, kemudian meninggalkan madu di atas serbuk sari itu dan merampungkan persiapan untuk telur yang akan diletakkannya.
 
     Lebah mulai bertelur kemudian lebah mulai membangun dinding untuk sekat lumpur lain. Secara berurutan, lebah melanjutkan proses bertelur dan pembangunan sel sampai lubang-lubang sel tersebut membentuk barisan. (Harun Yahya, Pesona Di Alam Raya, 2004)


    “Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih kecil dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, mereka tahu bahwa itu kebeneran dari Tuhan. Tetapi mereka yang kafir berkata, “Apa maksud Allah dengan perumpamaan ini?” Dengan (perumpamaan) itu banyak orang yang dibiarkan-Nya sesat , dan dengan itu banyak (pula) orang yang diberi-Nya petunjuk. Tetapi tidak ada yang Dia sesatkan dengan (perumpamaan) itu selain orang-orang fasik.” (Qs Al-Baqarah, 2:26)

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment