Wednesday, September 18, 2013

Session 1 Mindset : PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (BAGIAN KEDUA)

Tujuan Pemberdayaan Masyarakat
    
 Lanjutan dari tulisan sebelumnya 
    
    Tujuan yang ingin dicapai dari pemberdayaan adalah untuk membentuk individu dan masyarakat menjadi mandiri. Kemandirian tersebut meliputi kemandirian berpikir, bertindak dan mengendalikan apa yang mereka lakukan tersebut. Lebih lanjut perlu ditelusuri apa yang sesungguhnya dimaknai sebagai suatu masyarakat yang mandiri.
    Kemandirian masyarakat adalah merupakan suatu kondisi yang dialami oleh masyarakat yang ditandai oleh kemampuan untuk memikirkan, memutuskan serta melakukan sesuatu yang dipandang tepat demi mencapai pemecahan masalah-masalah yang dihadapi dengan mempergunakan daya kemampuan yang terdiri atas kemampuan kognitif, konatif, psikomotori, afektif, dengan pengerahan sumber daya yang dimiliki oleh lingkungan internal masyarakat tersebut.
    Dengan demikian untuk menjadi mandiri perlu dukungan kemampuan berupa sumber daya manusia yang utuh dengan kondisi kognitif, konatif, psikomotorik dan afektif, dan sumber dayanya yang bersifat fisik-material.


Cat : Kognitif ( mental/pikiran), konatif ( motivasi/dorongan/perasaan/ dari dalam diri) , psikomotori (keterampilan fisik), afektif (sikap)

ada sebuah quote menarik yang saya temukan dalam sebuah buku tebal yang tersimpan dilemari “Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu, penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan (merenungkan) ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran” 

                                                                                                                                     Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment